Sponsor

Minggu, 06 Desember 2015

Ada yang bisa di-MANTU?

Selamat Pagi menjelang siang!!!
Seperti biasa, aku nge-post disini dalam keadaan yang bener-bener free dan sejahtera. Tanpa ada tekanan -seperti misalnya lagi asik nulis tiba-tiba dipanggil nyokap buat jemur cucian-.
Yeayyy, that's the day!

Selang postingan lalu, aku berniat buat seintens mungkin nulis disini. apapun itu. Buat mengingat kejadian sehari-hari, untuk ditertawakan..
Untuk direnungkan..
Dan jadi pembelajaran kedepannya..
Tapi nyatanya semua itu hanya mitos karna ternyata weekend-weekend kemarin aku bener-bener sibuk dan beberapa kali lembur. Alhasil weekend bener-bener aku canangkan buat istirahat atau quality time.

Masalah kerjaan juga sekarang udah mulai memasuki masa-masa sibuk karena aku diikutkan piket dihari sabtu. Sabtu gaes~
Alhasil sekarang, mau hari kerja, mau weekend, mata aku uda kesetting bangun jam setengah lima pagi. Mau aku halangan mau aku engga, tetep aja bangun jam segitu. Mau piket apa engga, ya tetep aja jam segitu.
Pernah suatu pagi, aku bangun mendadak, dan langsung liat jam. Refleks ambil handuk dan setengah berlari menuju kamar mandi. Sampai di kamar mandi, baru sadar kalau saat itu hari sabtu. Aku langsung menyesali perbuatan (?) ku saat itu dan balik ke kamar mencoba tidur kembali. Nyata nya gagal tidur lagi karna udah kebangun dan keburu dongkol. :')

Karena aku bekerja dalam hal pelayanan jasa, aku udah ketemu macam-macam karakter orang. Dari yang keras sampai lembut. Dari yang rempong sampai simpel. Seperti yang pernah aku posting di postingan sebelumnya, di sini.
Aku pernah diomelin.
Aku pernah diramahin.
Aku pernah dipanggil 'tante'.
Aku pernah dijutekin.
Aku pernah dicurhatin.
Aku pernah dibilang kasir.
Aku pernah ditanyain nikah.
Aku pernah diajakin ikut MLM.
Macem-macem pokoknya.

Dan aku pernah ditawarin jadi mantu.

Dari beberapa ke-pernah-an itu, yang paling aku ingat adalah waktu aku sedang melayani transaksi seperti biasa. Saat itu nasabah lagi agak sepi, hanya sekitar lima orang. Di counter aku hanya berdua sama senior ku yang lagi jaga di prioritas paling pojok kanan, sedangkan aku adanya di pojok kiri.
Seperti biasa, aku persilakan lah nasabah selanjutnya yang saat itu adalah ibu-ibu setengah baya pakai jilbab. Dan seperti biasa lagi, aku menyapa sesuai standar.

Aku     : Selamat Pagi, Ibu. Setoran?
Ibu-ibu : Iya, selamat pagi dek'.. ibu mau transfer *sambil ngasih memo transfer*
Aku     : Transfer yaaa.. *sambil ngambil memo* dengan ibu siapa?
Ibu-ibu : Dengan ibu Anisa (nama disamarkan, karena aku emang ga ingat) saya mau transfer ke anak saya...
Aku     : Oooh, transfer ke anaknya ya, ke Anu 2juta rupiah bu ya.. *sambil baca memo*

Pas baca memo, aku tau, nama itu adalah temen aku di SMA. Cuman beda jurusan. Iseng-iseng, sifat cablak ku muncul.

Aku     : Eh, ibunya Anu ya?
Ibu-ibu : *pandangan ke tivi langsung beralih ke aku, tepat ke wajah* iya, saya mamahnya. kamu temennya Anu ya?
Aku     : Hehe iya bu.. Dulu satu SMA, cuman beda jur...
Ibu-ibu : Kamu si Anuanu itu ya? *nyebutin salah satu nama temen cewek satu kelas si Anu*
Aku     : Eh bukan bu, aku sama si Anu beda jurusan, aku Kynda.. Dulunya di IPS.

Setelah perkenalan itu, beliau langsung cerita dengan semangat kalau sekarang si Anu sedang di Kota Y. Aku tau sih ceritanya sedikit-sedikit. Tapi aku iya kan aja si ibu ngomong. Mulai dari si Anu, sampai saudara-saudaranya yang lain. Pokoknya si ibu cerita dengan semangat dan nyambung sampai pada kalimat...

Ibu-ibu : Eh, udah punya pacar belum?
Aku     : Eh? Hahhahahah kenapa jadi nanya itu tante ah *gugup*
Ibu-ibu : Sama si Anu aja yuk.. Ya.. masih belum tau sih netap dimana, trus gajih juga belum full, tapi nanti lama lama juga terima full kok. Sama-sama masih berjuang kan? (aku sempet cerita juga awal aku ngelamar kerja hingga status kerja sekarang sama beliau)
Aku     : Hehehehe *bingung ngomong apa*
Ibu-ibu : Belum punya pacar kan? Udah sama Anu aja yah.. *sambil senyum tulus* *senyum tulus sebagai kandidat calon mertua*
Aku     : Ahhahaha bisa aja tante nah.. Si Anu juga kayaknya ga demen sama saya.. Lagian kita temenan tante, saling tau juga..

Dan beliau langsung cerita tentang kedekatan si Anu dengan teman cewek, dan kayaknya beliau kurang suka. Okedeh.. too much information.. aku jadi ngerasa ngga enak.. Aku posting transferan beliau sambil dengerin cerita beliau tentang si Anu, sambil juga sesekali lirik kiri berharap semoga mbak senior nggak denger percakapan aku sama si ibu ini.

Ibu-ibu : Jadi gimana, mau yah sama Anu, hehe *dengan senyum yang sama*
Aku     : Ehehehe tanteeee... *malu* *sapa an udah ga sesuai standar lagi* Ini transferannya udah masuk yah tante. 2juta rupiah ke rekening si Anu.. *sambil nunjukkin validasi*
Ibu-ibu : Makasih ya nak.. eh siapa tadi namanya *sambil liat name desk* *sambil ngeja nama aku yang pastinya begitu turun tangga beliau sudah lupa karna nama aku memang susah diingat jika dibaca dan diucapkan lengkap*
Aku     : Iya tante sama-sama.. *dengan senyum sumringah* Ada lagi yang bisa kynda bantu tante?
Ibu-ibu : Udah dek.. makasih yah.. *si ibu tak kalah sumringah* *sambil berlalu setelah memandang aku beberapa detik lebih lama*

Aku menghela nafas lega.
Aku tau si Anu. Dan gimana orangnya, yang secara keseluruhan aku nilai orangnya kalem.
Si ibunya mau jodohin si Anu sama aku yang pencicilan begini? Gasalah?
Kasian si Anu. Dan pastinya, temen-temen Anu udah pasti protes. Bahkan mungkin demo.
Jadi, ga ngebayangin aja gimana akhirnya. Huahahahah..
Tapi ya bawa enjoy aja sih..

Beruntung kali itu pengalaman menyenangkan, diajak jadi mantu. Cerita yang lainnya? Yang diomelin.. Dijutekin.. Duhh...
Pokoknya macem-macem deh.
Tapi dibalik semua itu kan aku udah belajar. Belajar mengenal orang, belajar berkomunikasi yang baik. Belajar menggali informasi. Macam-macam lah..
Hingga saat ini, aku masih berusaha enjoy dengan rutinitas sehari-hari aku.
Kalian juga ya...

Terimakasih.
Ada yang bisa dibantu?



Salam Manja,
KYNDA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar