Sponsor

Minggu, 17 November 2019

beda lagu, beda mantan, beda kenangan



Hey!

sampai jumpa di lain hari
untuk kita bertemu lagi
ku relakan dirimu pergi
meskipun
ku tak siap untuk merindu
ku tak siap tanpa dirimu
ku harap terbaik untukmu

penggalan lirik diatas dinyanyikan oleh grup band yang vokalisnya berasal dari daerah???
*malah jadi soal ujian kesenian hmmm
ternyata lagu-lagu cover dari Tami Aulia bikin baper parah ya. Gatau kenapa, di bagian mananya. Entah Reff atau intro, bawa'annya pengen uring-uringan. Dan ternyata, mendengarkan lagu-lagu cinta ataupun lagu-lagu kenangan disaat-saat seperti ini amat sangat berbahaya. Memori-memori pun mengantri mampir.

"Yang yang.. tadi aku nyanyi di cafe-nya"
"Iya? Oooh yang di postingan IG mu tadi ya? Udah aku like"
"Hha, pas sepi juga ga terlalu banyak orang, jadi nyanyi beberapa lagu"

aku buka IG dan nonton video di postingan dia. Dia nyanyi lagu Jaga Slalu Hatimu oleh Seventeen. DIbawah postingan ada caption singkat 'Jaga Slalu Hatimu @kyndaaa' 
aku mesem-mesem sendiri. dia orangnya jarang romantis. dan jarang publikasi. di-mensyen kaya gini aja uda bikin seneng (murah amat bahagia lu kynd).  --- 2016 ---

jarak kita waktu itu kurang lebih 206km. dia lagi bertugas di daerah Tanjung. dan aku seperti biasa di rumah. bermodalkan video call, kita melepas rindu. sekarang mah pacaran jarak jauh enak, dikit-dikit video call. dikit2 kirim story. dikit-dikit pap foto mandi *eh? gimana gimana?


--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


dulu, sekitar tahun 2010an, aku pernah ngerasain susahnya pacaran jarak jauh. Bandung-Banjarbaru. 

itu yang namanya LDR mah berasa banget. Si doi kuliah kedinasan IP*N dan aku sekolah SMA Negeri. siang hari kita belajar. malam hari adalah waktu kita buat komunikasi via telepon. itupun kalo dia lagi jaga barak. kalo nggak ya aku kadang nongkrong sama temen-temen. waktu jadi maba disana, doi dilarang bawa alat komunikasi apapun. alhasil, nelfon mesti curi-curi. dia selalu sms untuk menandakan bahwa dia akan nelfon dalam beberapa menit lagi. dan aku harus standby di kamar menunggu telefon dari dia. iya, sepurba itu pacaran jarak jauh ala aku di tahun 2010. kalo dia pulang ke Banjarbaru, waduh senengnya bukan main. pokoknya selalu quality time. biasanya jam pacaran aku adalah jam setelah ashar atau jam setelah maghrib. 

"jika ku menjadi air mata mu, ku ingin mengalir di matamu dan menghilang di bibirmu. namun, jika kau menjadi air mataku, ku tak ingin menangis agar ku tak kehilangan dirimu" ~ 22 Des 2006 ~

itu adalah quote terbaik yang kita punya saat itu. wakakakak. aku tau itu terdengar alay. tapi kalian para millenial tidak tau rasanya dikirimin sms berupa quote-quote yang dikirimkan sebelum tidur kan? itu luar biasa romantis gaes, jaman aku dulu pacaran sama si doi ini. hanya mengandalkan sms dan telefon. sebelum tidur, telfon-telfon an sampai ketiduran. paginya sedih karena belum sempat ngucapin met bobo. langsung sms minta maaf, yang akan dibaca dan dibalas pada saat doi bisa megang handphone atau pas malam ketika doi bisa balas atau lagi jaga barak. sesabar itu menunggu balasan. pacaran jaman sekarang mah, conteng biru aja, ga di balas, udah uring-uringan pengen minta dinafkahin


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Aku tak ingin

Tak ingin mendengarnya
Kau bawa-bawa namanya
Saat berdua denganku
Ha-a a-a-ha-a ...

Maafkan aku membuatmu tak suka

Karena aku telah denganmu
Bukan maksudku membuatmu berpikir
Apakah aku pelarianmu saja?
~2011~

ketika lagu ini berkumandang, ingatanku langsung ter-flashback di tahun 2011 pertengahan. saat itu baru jadian sama abang D. seperti pasangan baru jadian yang masih hangat-hangatnya, cemburu masih anget fresh from the oven. jadi ceritanya, aku tau dan kenal sama mantannya abang D. saat itu kita masih baru jadian dan backstreet sama mantannya abang D yang kebetulan adalah temenku. jadi, si mantannya abang D ini nyelingkuhin si abang D, dan mereka putus. lama-kelamaan, si mantannya abang D ini menyesal, dan uring-uringan di status BBM kalau dia ternyata salah, kalau dia ternyata merindukan abang D. tapi abang D ga tanggapin itu (karena dia udah punya eke, helaw~) dan akhirnya aku cemburu tuh melihat status status mantannya abang D. dan sengaja show now playing di status BBM tentang lagu-lagu yang aku dengerin, dan salah satunya lagu diatas. dulu kan hits banget tuh nowplaying yang diputer muncul di status bbm. jadi sok-sok an muter lagu padahal ga denger-denger banget juga, cuma buat status doang. hahaha. asli jambu abis!

D        : uuhh itu nowplaying nya daritadi ariel tatum mulu
Aku      : Ya *Sok bales singkat, gengsi*
D        : Kenapa lagi, status si P ya?
Aku      : Hmmmmmm
D     : Udah, ga usah difikirin, biarin aja dia mau nulis status apa, mau gimanapun, sekarang aku sudah sama kamu. :)
Aku      : *Klepek-klepek di bawah bantal baca bbm darinya*

malang tak dapat diraih, untung temennya donal bebek, setelah empat tahun berjalan, kami putus dengan sukses setelah melalui berbagai macam drama.



-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


selama pacaran, aku ga pernah bentar. selalu bertahun-tahun. orang-orang yang singgah di hidup aku mah bisa dihitung jari. masih aman.  jadi kebayang kan ketika menjalin hubungan dengan seseorang berapa banyak lagu dan quote-quote kenangan yang terlintas saat sudah tidak bersamanya? banyak gaes... untuk itulah kadang untuk move on aku harus bertemu orang baru agar lebih cepat melupakan. karena, kalo tidak, biasanya uring-uringan, aku terus meratap dan menyalahkan diri sendiri. minimal aku perlu teman cerita, tapi kadang akupun jarang cerita.*lah, jadi gimana sih


dan mungkin bila nanti
kita kan bertemu lagi
satu pintaku jangan kau coba tanyakan kembali
rasa yang kutinggal mati
seperti hari kemarin
saat semua di sini


ketika lagu ini diputar, ingatanku pasti balik ke tahun 2004 dimana saat itu aku masih duduk di kelas VII SMP. saat itu lagu diputer di Pengawas Harian, diperdengarkan ke satu sekolah. aku berdiri di pinggir kelas di depan pintu kelas.saat itu classmeeting, dimana kita sedang bebas belajar karena suatu keadaan tertentu. guru rapat, atau acara sekolah (ultah, pensi, dll). aku lalu ke balkon, dan memandang lapangan sekolah dari atas. tak lama, disampingku berdiri dia yang juga memandang ke lapangan sekolah. aku merendahkan badan ku sedikit dan meletakkan dagu ku di tembok pagar kelas. ya, dia adalah pacarku saat itu. terdengar jambu, tapi setelah sekian lama jadi lucu. aku dan dia berakhir tidak begitu baik karena dia adalah playboy sekolah ala ala. aku memutuskan hubungan dengannya setelah tau dia naksir anak kelas lain, bahkan kaka kelas. aku mundur dengan teratur. kulihat dia begitu bahagia, namun ga berapa lama dia mendengar kabar kalau aku pacaran sama anak SMP lain. dia neror aku lewat surat (iya, se klasik itu padahal kita sebelahan kelas) yang ditaruh setiap pulang sekolah. karena aku datangnya selalu pagi, jadi selalu aku yang menerima surat itu di bawah laci mejaku. ada suatu pagi, ketika aku ga piket dan kebetulan pergi ke sekolah kesiangan, surat itu ada di atas meja. masih dalam posisi terstaples. di bagian luar suratnya tertulis di sekeliling

- ga boleh baca selain kynda
- yang baca selain kynda tangannya kutung
- yang boleh baca hanya kynda
- surat ini untuk kynda

di salah satu sisi, ada tulisan "kynda love si anak spe*da" dengan kata love digambar bentuk hati dan ada anak panahnya. cupu abis.

temen-temen semua melihat ke arahku. dan salah satu dari mereka nyeletuk, "surat lagi tuh kynd, baru tadi pagi dia naroh di lacimu, tapi si Arif ambil dari lacimu karena penasaran" kulihat Arif, dan dia mengekspresikan muka seolah berkata 'aku cuma liat doang, ga buka kok'
aku lalu mengambil suratnya dan begitu kubuka, isi surat nya sudah lebih tenang dan manusiawi, dan mendoakan aku semoga bahagia dengan si anak SMP lain ini. padahal mah engga sama sekali. aku malah jadian sama tetangga sendiri yang sudah duduk di bangku SMA. iya, sedangdut itu pacaranku ala SMP. *backsound pacar lima langkah*

pada akhirnya aku sama dia tidak terlalu berhubungan baik. paling kalo ketemu cuma senyum dan naikin alis, hal itu berlangsung hingga kelas IX. dia juga pacaran sama siapa-siapa aku tidak begitu tau. karena kami selalu beda kelas. hingga akhirnya lulus dan kuliah aku tidak tau kabarnya. sampai suatu hari, kami bertemu secara tidak sengaja di salah satu pernikahan temanku les PG dulu dan temannya sesama orang landasan ulin. saat itu dia sudah jadi polisi dan aku bekerja di bank. kebetulan aku datang sendiri dan dia juga datang sendiri. alhasil barenglah kami naik ke panggung pelaminan. dan disuruh foto bersama. ketika pulang masing-masing, ku-postinglah foto tersebut dan menuai komentar netijen apalagi yang dulu satu sekolah dengan kami berdua.

"cie CLBK"
"kynd, balik sama W sekarang?"
"udahhhhh, udah cocok, polisi sama teller cocok dah..."
"jodoh emang misteri ya kynd"
"plis, jangan balikan sama dia plis..."
"masih playboy mah dia kynd"

dan komentar netijen lainnya.
padahal niatku posting adalah mengupdate bahwa aku baru saja datang ke nikahan sahabatku, si A. bukan karena ada dia nya. tapi karena memang kami berfoto berempat. kesannya jadi gitu. pada akhirnya aku pun tidak ada kontak lagi dengan dia hingga detik ini. karena dulu sempat berteman di BBM. sempat chat-an. begitu BBM tidak hits lagi, kami pun hilang kontak sama sekali.


--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

ternyata ngomongin mantan itu seru ya huahahaha.
mungkin nanti mau ada cerita spesial tentang mantan terindah.
bukan untuk maksud apa-apa. cuma sekedar berbagi kisah. ambil baiknya, tinggalkan buruknya. eaaa.
yasudah segitu dulu. mau mandi. badan udah bau naga.
salam dangdut,


-kynda-


1 komentar: