Sponsor

Rabu, 22 Juni 2016

Take Me Back, Jogja!

Ternyata, sekali nulis itu bikin ketagihan.
Terutama nulis dengan hati. #Ahaydeee

Baydewey, karena kemarin mosting blog nya dengan hati, jadinya berasa pengen nulis terus.
Biasanya, sebelum aku nulis di blog, aku tulis draft dulu di Word. Eh, sekarang, ada ide dikit nulis, langsung aja dicatet di memo handphone. Sialnya, dari segitu banyak point-point penting yang aku tulis di memo, belum bisa aku wujudkan di blog.

Dan malem ini, di kamar busuk kesayangan ini, tepat jam 1.01 AM, aku kebelet nulis. Iya, kebelet. Sama kayak liat pasangan kamu pakai baju koko, kopiyahan, trus pake sarung. Kebelet minta dinafkahin atau disedekahin.

Yogyakarta...
Eh, Yogyakarta apa Jogjakarta sih?
Well, biar enak dan sama-sama nyaman, sampai paragraf terakhir entar, aku singkat jadi Jogja.

Jadi, awal mei kemaren, aku melancong ke Jogja. #Cieee
Sumpah ini bener-bener ga ada rencana matang. Awalnya para emba dan mas teller nyeletuk pengen liburan sama-sama. Waktu itu masih menuju akhir tahun 2015. Aku inget banget waktu itu jaman-jamannya aku masih cuphu dan belom ada adek junior yang bisa ku bully *halah.
Dan setelah melalui candaan gapenting dan melihat hilal  kepilihlah libur panjang yang terjadi pada awal Mei 2016 dan kota yang kita pilih adalah Jogja. Ujung-ujungnya, malah pesan tiket buat 13 orang. Iya, satu rombongan teller beserta keluarga *bagi yang bekeluarga* *gue sih belum* *pengennya sih secepatnya* *nyokap udah ngasih lampu ijo muda* *ini malah kenapa curhat?'*

Akhir tahun kita lalui, bulan demi bulan, hingga akhirnya akhir April kita baru ribut ngomongin masalah liburan kita yang notabene hitungan hari lagi. Kita diskusi mulai dari nginep dimana, sampai tempat-tempat yang mau dikunjungin. Aku sih waktu itu nyimak doang, mau ngasih usul singgah ke Tanah Lot, takut digebukin. Makin mendekati hari H, aku makin ga terlalu excited banget juga karena ternyata banyak momen yang aku tinggalin selama nantinya aku liburan di Jogja.
1. Cahabad dari luar kota pada dateng, Tiara, Lila, dan Rara. Trus ngumpul dan foto bersama ala-ala AADC gitu di studio foto dan AKU KETINGGALAN. Itu hal termiris yang aku alamin selama masa masa persahabatan aku. Dan momen kaya gitu ga bakal terjadi 2x gaes... sedih banget...
2. Quality time sama keluarga. Semenjak kerja, aku jaraaaaaaaaaaang banget ada dirumah. Pergi pagi pulang malem, ya hampir mirip lagu Armada - Cari Jodoh sih. Makanya pas di Jogja, kangen banget ama rumah dan mikir, kalo aja aku liburan ga berangkat ke Jogja, pasti bisa quality time atau setidaknya bisa saling ketemu dirumah.
3. Quality time sama kekasih. Agak geli sih waktu ngetik 'kekasih', tapi yasudahlah udah keketik walaupun sebenarnya bisa dihapus. *Ini kenapa jadi ngebahas?*. Berhubung aku sama dia suka jalan-jalan gaje kalo ada waktu berdua, keberangkatan aku ke Jogja nimbulin kegalauan. Karna itu libur panjang, kita pasti nge eksplor tempat-tempat asik yang kekinian, atau mungkin sekedar jalan gaje tapi bikin bahagia kayak yang sering kita lakukan. Bahagia kita begitu murah sayang, sampai-sampai ngeliat sungai dikit ada orang mancing pun uda bikin kami bahagia.
4. Kondangan. Gatau juga kondangan siapa, yang pasti selalu ada kondangan di hari minggu. Dan itu lumayan buat ngeganjel perut pagi dan siang hari, bahkan mungkin malem hari kalo kamu mau bertandang kerumah penganten dan numpang makan disana.

Jadi, hal-hal itulah yang bikin aku sedih sewaktu mau berangkat ke Jogja. Bayangkan kalo aku memilih nggak ikut, aku bakal bisa qtime sama sahabad, keluarga, dan pacar. Tapi aku juga nggak bisa cancel karena tiket udah kepesan, dan aku mikirnya kapan lagi bisa liburan bareng rekan rekan hebat sekantor. Dan keberangkatanku ke Jogja dengan setengah hati pun dimulai. Peserta yang akan mengikuti liburan ini adalah Para single-bahagiya yaitu Aku, Mba Mia dan Mba Yunita. Sedangkan sisanya adalah Tiga Keluarga Bahagia yakni Ka Zalie beserta isteri dan anak, Mba Nana beserta suami dan anak, dan Mba Fitri beserta suami dan anak. Mba Lya, Head Teller batal berangkat karena ternyata saat liburan, kantor cabang kami kena jadwal buka layanan. Untungnya ada yang mem-backup teller yakni Rizky teller kriya pindahan dari Pleihari dan Fariz teller kriya junior. Malemnya aku baru packing dan selesai setengah jam sebelum adzan subuh, alhasil bangun ucel-ucelan. Dianter ke bandara sama pacar, makin bikin hari meringis, apalagi tau dia bakal pulkam buat ngisi liburannya.

Sekitar jam 12 kita take off dari Banjarmasin, dan akhirnya tiba di Jogja dengan selamat.
Kita langsung ketempat yang mau dituju, aku lupa *akibat kurang menikmati liburan*. Awalnya kita nyari makan. Sebenernya sih pengen makan Spesial Sambal *bener ya gitu namanya?*. Tapi dimana-mana penuh banget, karena uda ga nahan pengen pada makan -Iya, kami para teller yang cepat lapar- tujuan utama dan destinasi kita adalah Warung Steak. Gila banget disini steak murah anjay, berasa pengen nikahin yang punya usaha #Halah. Di Banjarbaru makan steak mah mesti lumayan rogoh kocek kali. Disini berasa pengen makan steak 3xsehari ih~ #Udik.

Setelah makan, kita nyempetin ke Jogja Bay, ituh yang waterpark baru di Jogja. Keren banget tapi sayangnya kita waktu itu kesorean dan gabisa masuk karena tinggi badan anak mba Fitri kurang. Oiya, selama di Jogja kita ngerental mobil dan nginep ditempat Bude nya mba Yunita di daerah Kaliurang. Sumpe disana dingin betul dan bener-bener agak diatas dan juga deket Gunung Merapi. Karena kita nginep di Kaliurang, jadi pas mau jalan-jalan lumayan makan waktu. Banyak waktu keputer cuma karena lupa jalan atau hal-hal lain.

Harapanku ke Jogja sih bisa ngunjungin tempat yang khas Jogja banget kayak candi-candi gitu, tapi kita nggak mungkin kesana karena kita bawa anak kecil dan juga waktunya mepet. Kayaknya, di list tempat wisata, banyak tujuan ke Malioboro deh sampe-sampe aku nyempetin bikin taatoo disana. Kita ada kali 3x balik Malioboro, belum lagi ke Pasar Beringharjo berburu batik. Juga ke Mall Malioboro. Disinilah duitku tinggal babay karena kalap belanja. Dan sayang banget ga sempet-sempet foto di marka jalan Malioboro kayak yang lainnya karena pada banyak yang ngantri foto disana hiks

Kita juga melancong ke XT Square, ke Museum Arca dan De Mata Trick Eye Museum. Disini kalo aku ngga lupa, kita harus merogoh kocek Rp 100.000,- buat bisa masuk ke kedua tempat itu. Dan suasana waktu itu rame banget. Aku sama Mba Mia kepisah sama yang lainnya dan alhasil kita foto-foto banyak banget sampai baterai handphone masing-masing lowbat. Aku disini juga nyempetin ketemu adek pacar yang kuliah di UII Jogja.

Kemudian kita juga nikmatin Pantai. Namanya Pantai Depok. Karena para mba mba teller ini pada hobby makan seafood, mereka langsung kayak liat surga begitu nemu pasar ikan disana dan kalap beli ikan laut. Kita beli ikan, trus minta dimasak di warung sambil nikmatin Pantai. Sekali lagi aku nggak bisa begitu nikmatin pantai karena yang lainnya pada jaga anak masing-masing. Aku hanya bisa memandang pantai dari kejauhan. Pulang dari pantai menjelang maghrib, mau nyempetin sih ke tempat apa gitu lupa pokoknya ada gundukan pasir gitu, tapi nggak sempat. Rencana mau berangkat besoknya dini hari, tapi pada nggak bangun jadinya batal. Oiya baydewey karena disini deket sama gunung, jadi aernya dingin betul. Tiap pagi mandi berasa kayak dipukul ama es batu cin, tapi anehnya, abis mandi dinginnya nggak berasa dan langsung seger. Sehabis mandi cus nikmatin hidangan sarapan pagi dari tuan rumah. Gimana nggak kerasan~

Malamnya, kita ada nyempetin ke Taman Pelangi, yang mirip ama BNS di Malang. Semacam kayak lampu-lampu gitu deh, disini aku juga kurang nikmatin karena cintanya nggak ada #Haha dan semua tempat makan penuh padahal kita lagi laper banget. Suami mba Fitri terzholimi sama nasi goreng yang dibeli disana dan terzholimi lagi sama nasi goreng yang dibeli di pinggir jalan. Aku dan suami mba Fitri sepakat, untuk tidak beli nasi goreng lagi di Jogja. Entah karena emang kita nggak nemu warung nasi goreng yang keren di jogja atau memang kita tidak ditakdirkan buat makan nasi goreng di jogja. Oiya, waktu itu kita ada makan di Warung Jowo apaaaaa gitu dan ternyata recommended banget cah kangkung nya cin. Bikin jatuh cinta.

Selain itu, kuliner yang kami kejar di Jogja adalah Ayam Geprek Bu Made. Mba Mia excited banget nyari alamat warung ibunya melalui GPS, kita sempet curiga GPS bohongin kita, soalnya kita sempet masuk gang sempit yang nggak bisa dilaluin mobil dan terpaksa harus mutar. Kan nggak lucu nyasar di gang kecil dan begitu keluar jalan raya ada tulisan 'Selamat Datang di Karimun Jawa'. Setelah melaui usaha keras, akhirnya kita nemu tu warung yang sederhana banget tapi pulang dari sana nggak nyesel. Sumpah ayam gepreknya bikin nagih. Kami sepakat nyulik mba-mba penjualnya dan dibawa ke Banjarmasin, tapi niat itu kami urungkan karena takut jadi Buronan Jogja.

Nggak lupa juga kita ke Alun-Alun Utara Jogja. Disana ada 2 beringin yang terkenal itu. Ada mitos apabila berhasil melalui beringin itu dengan keadaan mata tertutup maka keinginan mu akan dikabulkan. Suami mba fitri ketagihan banget nyoba ni ritual sampe-sampe dia ke Alun-Alun 2x. Semuanya pada nyoba ngelaluin tu beringin sedangkan aku menolak. Takut kali-kali nggak bisa ngelewatin kan malu, walaupun banyak juga yang melenceng jauh dari pohonnya. Aku takut melenceng terlalu jauh dan tida-tiba udah duduk aja di Odong-Odong sepanjang Alun-Alun Utara Jogja. Kita berencana juga ke Taman Sari, tapi ternyata penuh banget nggak bisa parkir.

Nyenengin sih sebenarnya karena ini kali pertama aku ke Jogja. Tapi aku nggak nemu yang khas Jogja banget, entah kenapa. Sepanjang jalan kadang dibawa baper, karena pacar dulu menghabiskan 3,5th masa kuliah di Jogja. Kebayang kan kenangan-kenangan yang dia lewatin selama di Jogja entah dengan teman ataupun masa lalu nya. Hal ini kadang bikin aku sedikit membenci Jogja. Setiap kali di telefon sewaktu di Jogja, dia rata-rata pernah dan nongkrongin tempat-tempat hits Jogja dan bikin aku envy. Sebagai gantinya, nanti kalau ada rejeki, aku minta ajak dia ke Jogja.

Semoga sesegera mungkin terkabul.
Wait me Jogja.
Wait me Papan Jalan Malioboro, aku akan berfoto disana. Tunggu saja.


1 komentar:

  1. Jogja memang ngangenin kyn, persis kyak orang yg lahir di jogja
    *ehem

    -bukan gue-

    BalasHapus