Sponsor

Minggu, 10 Juli 2016

Ada yang Hilang

Selamat Pagi.
Btw, Selamat Lebaran 1437H. Minal Aidin Wal Faidzin, Maaf Lahir Bathin.
Jadi gimana? Puasanya pada tunai?
Abis puasa gimana? Agak LEBAR-AN nggak?
Aku dong, iya...
Gimana engga, hari pertama lebaran udah dikasih yang kuah kuah gitu, ada kali empat porsi kuah semua. Gimana nggak lebar.
Oke, cukup tentang melebarnya aku, balik ke postingan.

Jadi, kali ini ramadhan kedua aku kerja, ramadhan pertama bareng si pacar, dan ramadhan terakhir melajang #Eaaa #Aamiin #Ngarep #Biarin #BiarJadiDoa #Barakallah

Jadi ya gitu, satu bulan kerja di Bulan Ramadhan kayak tahun sebelumnya dan entah kenapa kalo bulan ramadhan trus dibawa kerja bawaannya jam jadi cepeeeet gitu, eh tau tau udah istirahat eh tau tau pulang. Yang anjoy banget kadang karena waktu terlalu cepat berjalan dan kerjaan masih banyak, alhasil berbuka puasa di kantor dan pulang setengah sepuluh malem, kan asem, besoknya mesti jam tujuh pagi udah di kantor lagi. Kan syedih... Tapi, entah kenapa Ramadhan kali ini berasa banget cape nya. Mungkin karena aku kemaren sempet sakit dan opname  dirumah sakit karena kecapean (Thypus), jadi ya selanjutnya kebawa-bawa capenya.

Tapi ya ikhlas lah yah, mumpung aku masih sabar, nahan dulu aja haha, lagian kalo ngga gitu gimana mau dapet duit. Kerja apapun asal halal mah mesti bersyukur karena di luar sana masih banyak pengangguran yang sibuk nyari kerja.

Dan, kali ini, ramadhan pertama aku nggak ikut acara buka puasa bersama ala ala sekolah. Biasanya aku paling antusias buat ngadain, bahkan jadi panitia. Namun kali ini aku lebih memilih pasrah dan mempersilakan teman yang lain mengkoordinir. Takut nggak bisa datang cin, apalagi kalo acaranya weekdays. Aku kan kerja pulang ngga nentu dan seenak jidat kalo kerja. Takut kejanji takut ga bisa nepatin. Pengen ya pasti lah pengen apalagi pasti ketemu sama temen-temen kan. Tapi ya gimana, namanya juga ga bisa janji. Jadi, waktu buka puasa SD aku absen, karena saat itu memang lagi ada musibah dan padahal hari nya hari minggu. Buka puasa SMP ala ala gengs sih bisa dateng, itupun hampir nggak bisa dateng karena abis opname di RS. Buka puasa Spugankers (X.3) SMANSA BJB juga nggak ikut karena waktu itu weekdays dan aku lagi banyak yang dikerjain. Buka Puasa Sodikin (Sosial II) juga nggak ikut karna ga ada di grup waktu itu jadi lemot nangkep tu acara, emang ada sih yang ngabarin, tapi nggak bisa janji juga waktu itu. ALhasil, emang ga ikut.
Anehnya, aku bisa ngikut buka puasa bersama anak-anak sekolah lain bareng si pacar. Kesannya jadi kontras banget.

Pada akhirnya, lebaran tiba!!!
Seneng karena Ramadhan kali ini pas banget tanggal nya dibikin jadi cuti bersama karena itu artinya libur jadi agak panjang yeay! Tapi tetep aja tanggal 5 Juli pada piket (untungnya aku engga huehehe, tapi tetep disuruh standby :\ ) dan aku kena piket ATM tanggal 9 yang berarti hari ini. Sedihhhhhh

Dan, lebaran kali ini beda.
Menurut aku banyak hal-hal kecil yang hilang sewaktu kita kecil saat lebaran.
Dulu waktu kecil, aku yang paling terakhir sungkeman sama keluarga karena tradisi keluarga aku selalu dimulai dari yang paling tua baru paling muda.
Sekarang, dibelakang aku udah banyak aja antrian. Adek aku, sepupu ama ponakan. Dan udah pada nyolek-nyolek aja tuh minta THR
Dulu aja aku nunggu duduk manis buat dibagiin angpao sama tante-tante aku. Aku selalu nunggu karena tante tante aku selalu ngasih uang baru. Rasanya seneng aja. Kesenangan itu hanya sampe kuliah kemarin.

Sekarang aku nggak bisa duduk nunggu lagi.
Sekarang udah ada yang duduk nungguin aku buat minta THR.
Dan tahun ini, aku ngelakuin apa yang tante dan sepupu-sepupu aku yang udah berkeluarga lakuin.
Aku nyediain uang buat dituker ke pecahan uang baru.
Aku beli amplop kecil khusus lebaran.
Dan aku bagiin ke sepupu dan ponakan aku.
Memang sih ada yang hilang, ketika pembagian amplop, aku diskip begitu aja sedih banget rasanya. Kayak ngemuja-muja gebetan lo dihadapan orang terdekat lo tapi ternyata gebetan lo nggak nganggep lo. Sakit kan? #Halah
Tapi, rasanya puas banget. Apalagi ada celetukan polos dari salah satu ponakan waktu dikasih, dia langsung ngebuka amplopnya dan bilang "Wah, 20rb, Wah 5rb, Waaaa uang baru yey yey 25rb, Makasih..." Sambil nyalimin tangan aku. Haru banget. Andai waktu itu ngegandeng suami, mungkin aku netesin aer mata di bahu dia, sambil berkata "Sudah waktunya, Mas.. Sudah waktunya kita punya momongan...". -Ini kenapa baper mulu setadian-

Dulu, sewaktu aku masih kecil, sekitaran SD dan SMP bahkan waktu itu sempet juga SMA, tradisi baju baru selalu wajib dilaksanakan. Tiap tahun ada aja baju baru yang mesti dipake buat lebaran. Entah dari nyokap atau tante tante aku. Sekarang mah boro-boro beli baju baru, bisa lebaran aja uda syukur. Pake baju yang ada, di-mix and match ala ala gue. Mukena tinggal dicuci. Uda ngerasa nikmatin lebaran banget. Memang, semakin dewasa banyak hal-hal yang ngilang sih... kangen aja tiap mau lebaran mesti beli baju baru...

Waktu dulu, kalo lebaran tiba, sibuk nyari kata-kata buat di 'send all' sama temen-temen. Jadi waktu aku SMP, waktu itu masih pake handphone Nokia 6600, suka beli majalah yang biasanya ada contoh kata-kata buat SMS Lebaran. Biasanya nyari kata-katanya yang sok sok asik gitu tau nggak sih, pake huruf besar kecil alay alay jaman dulu gitu.

" . s3beLum oPer@t0r p@da s1buk, iZink4n akU 'tUk n9uc4piN M3T L3b4RaN bla bla bla..."

sedih rasanya kalau ingat masa-masa itu, apalagi masa-masa indah ngetik cepet huruf besar kecil. Tapi justru itu yang unik dan bikin kangen. Waktu itu kan operator berlomba-lomba buat ngasih sms dan telfon gratis saat lebaran. FYI, aku dulu pelanggan setia EksEL Jempol.
Sekarang boro-boro sibuk nyiapin kata-kata, Ngebales BC-an lebaran pun seadanya banget. Kadang aku nulis status doang ngucapin  lebaran sebagai ungkapan buat umum. Jadi biar nggak ribet nge-BC segala. Malah pernah nggak nulis status tentang lebaran. Ya.. ada yang hilang aja.

Dan, 'pertanyaan itu' ternyata bukan mitos, 'pertanyaan itu' nggak hanya jadi viral di sosial media. 'Pertanyaan itu' nyata adanya. Kekal abadi selamanya...
Di keluarga aku.
Baru juga masuk pintu, baru lepas sendal, eh udah ditanya 'Kapan nih kita acara-acara?' atau 'Seragam ntar dibagi kan?' atau yang paling ekstrim, ditentuin seenak jidat 'Gimana? jadi abis lebaran ini dikawinin?'
Buset banget makin dewasa makin absurd pertanyaannya, dulu aja waktu masih sekolah ditanyain rapor, waktu SMA ditanyain ujian nasional, waktu kuliah ditanyain wisuda, waktu udah kerja ditanyain kawin, waktu udah kawin ditanyain momongan, waktu udah punya momongan ditanyain kapan nambah lagi, waktu udah tua, ketemu di acara duka, ya sekalian ditanyain aja kapan nyusul. :')

Ngelaluin pertanyaan 'KAPAN KAWIN?' ini, aku hanya bisa ketawa, sambil ngambil kue nastar , sambil doa juga sih, Ya Allah mudahan doa doa mereka ini didengar oleh Yang Maha Kuasa. Ga ada pernah nolak waktu di doain begituan. Hal yang wajar kan. Mengingat udah pernah melewati masa kegagalan, dan pastinya sama yang sekarang ingin dilancarkan hingga akhir (hayat). Aamiin. (serius mode ON)

Bagaimanapun juga, semakin kesini banyak hal hal penting yang hilang yang malah justru bikin bahagia. Tetap jaga lebaran kamu berkualitas ya. Selamat Lebaran, dan Selamat Bersiap-siap kembali beraktivitas btw,


NB: Ga lagi galau di-sms-in mantan 'Selamat Lebaran' kan?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar