Sponsor

Sabtu, 26 Mei 2018

Pendamping Kencan

"Jadi, orangnya kaya gimana?"
"Ah, pokoknya ngikut aja, aku yang bonceng! kamu lelet soalnya.."
Aku diem sambil mandangin sahabat akrabku dari kecil itu sambil geleng-geleng kepala. Dia, si Eva (nama disamarkan, demi kemaslahatan bersama) lagi sibuk bedak-an (kegiatan make-up pakai bedak, bukan bedakan sejenis kost-an.pen) di kamar aku. Rencana nya, hari ini dia mau ketemuan sama gebetannya, Madan. Dan aku yang muke polos ga tau cerita ini disuruh nemenin dia kencan. Sambil terus bedak-an, dia ngomong lagi.

"Daripada bengong, mending kamu baju-an deh.." katanya sambil memoles lipgloss  di bibirnya.
"Lah, ini udah baju-an..." Mendengar aku ngomong gitu, Eva mandangin aku dari atas sampai bawah.
"Yang kaya begitu kamu bilang udah siap? Gantiiiiiiiiiii..."
Aku buru-buru buka lemari. Apa yang salah dengan kaos Spongebob dan celana kain hitam tiga perempat?
"Yang kece-an dikit napa, baju nya rumahan banget sih, berasa bawa pembantu ntar" Aku menggerutu dalam hati. Anjay lah Eva.. Ya mau gimana lagi, aku emang ngga bisa dandan kan. Selesai aku ganti baju, Eva selesai dandan.
"Nah, gitu dong.. mendingan dikit kan.. Yuk!" Eva mengambil tas bahu favorit dia dan kunci sepeda motor Shogun biru milikknya.

Btw, percakapan diatas berlangsung sekitar 11 tahun yang lalu. Sewaktu aku duduk di kelas 2 SMP.


Aku dari dulu terkenal tertutup. Terutama dalam hal tentang cowok. Bahkan sampai sekarang. Boro-boro ngajak kenalan, suka aja susah. Paling cuman ngeliatin, trus udah. Tau sih dan bisa bedain yang mana ganteng anugerah dan kurang ganteng mutlak. Tapi ya cuma sebatas itu, dan Alhamdulillah.
Sayangnya, kalau udah jatuh hati sama seseorang, mampuslah. Bisa sayang banget. Mesti dijagain atau nggak malah berubah jadi ninggalin banget.

Waktu itu kelas 2 SMP. Zaman SMP adalah zaman dimana aku lagi alay-alay nya. Dan alhamdulillah alaynya nggak publikasi. Kealayan zaman SMP ala aku adalah nulis-nulis diary tentang kejadian sehari-hari, tuker-tuker biodata sama temen-temen, kirim-kirim salam (buat diri sendiri, hiks) dan request lagu di radio. Serta... nemenin sahabat aku kencan. Ya, nemenin.

Eva, sahabat aku yang satu ini semenjak lulus eSDe dan pisah sekolah, kudengar dia ngegaul abis. Dulu masya Allah cupu bareng sama aku. Bedanya, aku lanjut ke SMP masih cupu dan dia udah engga. Yang aku dengar dia uda beberapa kali gitu kenal-kenalan sama cowok trus jalan atau semacamnya lah. Kita emang deket sih rumah tapi jarang banget ketemu karena beda sekolah. Apalagi aku sekolah di SMP Favorit yang lumayan ketat peraturan sekolah, dan mengutamakan akademik.

Kali ini, dia mampir ke rumah dan sengaja ngajak aku jalan bareng dia buat ketemu gebetannya di daerah Martapura. Kaos yang-kata-dia rumahan itu udah aku ganti jadi atasan ditambah cardigan dan celana jeans panjang. Sumpah, tampilan kaya gini kalo udah acara bebasnya sekolah atau acara lainnnya yang penting banget. Biasanya aja juga paling baju kaos favorit. Tapi kali ini dia udah bosen dengan tampilan tomboy aku dan minta aku ganti baju, alhasil.. dandanan jadi beda dan kurang aku banget.

Sesampainya di rumah gebetannya, Madan, ternyata sudah pada ngumpul beberapa orang dan sepertinya Eva udah pada kenal sama mereka. Ada ceweknya juga sih berdua. Dalam hati aku menyumpah keras. Aku paling benci situasi kayak gini. Dan benar saja, tak lama kemudian, Eva ngomong,
"Ky, kamu ntar sama Didy ya.. aku boncengan sama Madan"
Aku memandang seseorang yang bernama Didy. Dia memakai topi hitam, baju kaos hitam kebesaran  dan tersenyum. Anjay. Apa-apa-an ini.. Apa semacam konvoi berpasang-pasangan? Lagian siapa ni orang, main oke-oke aja bonceng aku?! Aku langsung melototkan mataku ke arah Eva tapi dia senyum-senyum sambil naik motornya yang udah siap dikendarain Madan, gebetannya.

Mau nggak mau, aku naik motor yang dibawa oleh Didy. Sebisa mungkin aku menjaga jarak agar tidak tersentuh. Gila aja naik motor ama orang asing nggak dikenal. Berbekal doa yang terus-terusan aku komat kamitkan, dan kepercayaan aku sama sahabat asem kayak Eva, motor-motor kami melaju. Jumlahnya ada 4 buah motor berpasang-pasangan. Diantara 4 motor itu, cuma aku yang paling kaku. Sebisa mungkin aku nggak ngomong walaupun si Didy ini nanya-nanya sekolah dimana, temen Eva dari kapan, rumah dimana, dll. Kebanyakan aku cuma jawab seadanya.

Kami muter-muter di daerah Tanjung Rema Martapura, sampai akhirnya ke Jalan A.Yani dan berakhir di depan salah satu gerbang perkantoran di Banjarbaru. Kami memarkir motor berjejer di depan sana.
Anjay!
Ini meurak bulu!
Ini nongkrong!
Aku tidak terima!
Aku langsung turun dari motor dan nyamperin Eva sambil berbisik-bisik mengungkapkan kemarahan aku. Gila! Seumur-umur baru kali itu aku nongkrong. Yang biasanya aku ngata-ngatain orang-orang yang nongkrong, eh sekarang malah aku yang nangkring disana. Kalau masuk koran gimana? Kalau ketahuan bokap gimana? Kalau masuk mading sekolah gimana? Aku panik sendiri dalam diam.

Kalau aja sekarang aku nongkrong kaya begitu, bisa-bisa udah dirazia ama bokap sendiri. Trus masuk koran halaman depan.
Bukan sebuah prestasi banget.

Semenjak saat itu, aku selalu pilih-pilih kalau nemenin Eva jalan. Takut dibawa kayak waktu itu atau malah jadi obat nyamuk nemenin dia kencan. Ga asik banget kan dia satu kendaraan sama gebetannya dan aku ngiringin di belakang sendirian. Sampai SMA, Kuliah, bahkan kerja, aku kadang  masih sempet nemenin Eva kencan atau sekedar ketemuan. Eva..Eva.. alhamdulillah sekarang udah tobat cyin yaaaa, mungkin karena udah nemuin orang yang tepat, atau karena sering ketemu orang yang tidak tepat mulu?;)

Entah kenapa, dari dulu ampe sekarang, selalu jadi orang yang nemenin temennya kencan. Nggak usah temen deh, sepupu aku aja pernah aku temenin kencan. Bukan kencan ding, A Blind Date. 

Ceritanya, kakak sepupu aku punya kenalan lewat handphone, namanya NN. Dia kenal udah lama, sering telfonan trus SMS-an tapi nggak pernah ketemu karena kaka sepupu aku ada di Barabai dan si NN ada di Banjarbaru. Dan voila, sebagai sepupu nya yang tinggal di Banjarbaru, dia merasa beruntung karena bisa nanya informasi tentang Banjarbaru dan bisa dijadikan alasan liburan ke Banjarbaru buat ketemuan sama cowok yang bernama NN ini.

Alhasil, she's got it! Dia berhasil membujuk nyokapnya (uwa aku.pen) buat liburan ke Banjarbaru. Dia sih kayaknya bilang ke NN kalo dia bakal ke Banjarbaru buat liburan sekolah beberapa hari. Aku yang waktu itu kelas VI SD (kalo ga salah, berarti benar.pen) diajak buat sekongkol karna dia mau ketemu sama NN. Akhirnya dia datang dengan dijemput di depan Kantor Bank Mandiri, tempat yang biasanya orang-orang gunakan buat nyambang atau berenti'in angkot/taxi. Dulu sih disana bukan Kantor Bank Mandiri, tapi tempat hiburan anak-anak bernama TIMEZONE.

Hari sudah ditentukan, baju udah dimaksimal-in buat ketemu. Emang sepupu aku ini dasarnya cantik ya jadi aku aja sampe terkagum-kagum liat dia dandan. Atasan kaos 3/4 plus rok jeans 7/8. Dia siap buat ketemu NN sang pujaan hati. Sialnya lagi, aku dibawa -,-

Setelah janjian di tempat yang ditentukan, yaitu di Wartel Taruna Praja, di pertigaan Karang Anyar yang memang dulu tempat akses yang tepat dari arah Martapura, atau Loktabat (sampe saat ini, pertigaan ini jadi tempat eksis karena rame banget.pen), Sepupuku langsung jalan kaki dari rumahku yang kebetulan deket banget. Dia senyum-senyum sambil gandeng aku. Tangan satunya memegang handphone samsoeng berlayar biru miliknya. Sepertinya dia sudah bilang di sms kalo dia sedang dijalan. Begitu sampai di Wartel, sepi. Tidak ada orang. Hanya ada Mas-mas pakai kaus hitam aga pudar, dan topi agak berdebu. Celana pendek dan sendal bapak-bapak. (Seingatku, soalnya aku berusaha melupakan kenangan pahit itu. hahaha.pen). Kami yang celingak celinguk ke dalam Wartel tapi sepi, dan menemukan mas itu di depan, niatnya mau nanya. Baru ngeliat ke arah mas-masnya, mas nya sudah senyum. Tapi begitu menyadari sesuatu, kami langsung mundur dengan manis, dan buru-buru lari tunggang langgang. Aku sebagai pelari tercepat se SD langsung ngelonyor lari ke komplek sebelah. Sepupuku aga ketinggalan karena dia pakai rok. Begitu menemukan persembunyian yang tepat, alias di rumah kosong yang penuh dengan semak-semak, kami langsung ngos-ngos an.

"Gila! Pasti itu NN! Pasti! Hiiiiiii..."
"Aku ga mau balik kesana lagi, hiiii"
Belum selesai kami menggerutu, tiba-tiba handphone sepupuku berbunyi. dari NN. Kami langsung teriak dan lari lagi lebih jauh ke dalam komplek, dan sembunyi lagi. Berkali-kali telfonnya berbunyi dan tak diangkat sepupuku. Sampai akhirnya dia sms

"Fa... Kamu dimana? Aku nungguin kamu daritadi, disini sepi, cuman tadi hanya ada cewek cantik dan temennya satu pakai kacamata, itu kamu, Fa?"

AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA... Kami langsung refleks teriak lagi dan sepupuku hampir membuang handphonenya. Tapi buruburu ku cegah dan kusuruh matikan saja. Dia ngos-ngos an sambil menggerutu.

"Baju hitam apanya, itu kubas! Lebih ke coklat!"
"Sendal jeans? itu tadi sendal bapak bapak"
"Eh dia tadi pakai kalung di leher, pasti kalung yang sering dijual di pameran" Aku ikut menimpali penampilan mas-mas tadi.
"Hiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii..." Sepupuku bergidik ngeri.
"Gawat benar tadi sempet janjian mau jalanjalan ih, tadi yang terlihat cuma motor astreya lama. Aaaaaaaa"
"Aaaaaa" aku ikutan teriak karena sempet ikut-ikut an telfon-telfonan sama mas NN ini.
Ternyata suara merdu di telefon tidak bisa menjanjikan banyak. Kami berdua jelas tertipu dengan suara merdunya di telefon. Harapan bertemu seperti Samuel Rizal, yang terjadi malah ketemu Dede Sunandar. Kentara abis.

Setelah dirasa aman, dan karena kaki kami gatal-gatal sembunyi di semak-semak, kami akhirnya memutuskan untuk pulang dengan berkeliling lewat jalan pintas (nerobos rumah warga.pen).
Semenjak kejadian itu, Sepupuku jera buat kenalan kenalan lewat nomer handphone.

Beberapa waktu berlalu, ketika aku ke Barabai lagi ke tempat sepupuku, uwa ku cerita kalo dia (sepupuku.pen) pacaran sama dokter.
Setdah, waktu itu dia masih SMU, kelas 1 apa 2 kalo ga salah. Pacarnya dokter, dan bentar lagi ngambil spesialis katanya? Wow. Naik Kasta banget.

"Dokternya kuliah di Banjarbaru lho. di FK Unlam"
"Iya ya uwa? Wah bisa ketemua nih kalo nanti ke Banjarbaru" Kataku. Soalnya katanya dia belum liat orangnya. Seperti biasa, A blind date lagi. Tapi kali ini katanya pacaran. Begitu kulihat muka kaka sepupuku, sepertinya dia disuruh uwa buat deket sama si dokter itu. Ini keajaiban. Sepupuku kan ga dibolehin pacaran sama uwa. Tapi begitu denger anaknya deket sama dokter, pintu itu terbuka.

Masalahnya, gimanakah rupa si dokter itu?
Masalahnya, apa sepupuku mau?

Akhirnya, dia ke Banjarbaru lagi buat liburan. Dan sudah dapat dipastikan, kali ini aku bakal dia bawa buat cek in cek target ketemuan kali ini. Setelah tempat yang ditentukan buat janjian deal, aku dan dia berangkat. Tempat janjiannya adalah depan Komplek Perumahan Listrik II, berseberangan dengan Museum Kota Banjarbaru. Aku dan Sepupuku di jalan. Kali ini dia tampak lebih tenang. Hmmm mencurigakan. Tak lama kami sampai dan berhenti di gang kecil samping Museum. Dari sini kelihatan jelas jalan Perumahan Listrik II.

"Lah? Kok berenti di sini kak?"
"Sssttt diam aja, perhatiin sana gerbang kompleknya"
aku memandang ke seberang. Kosong, hanya ada perempuan baju putih yang berdiri di pinggir jalan. sepertinya sedang menunggu angkot.
"Trus?"
"Udah diam aja"

Tiba-tiba telefon berbunyi. Dengan sigap sepupuku mengangkat.
"Ya? Udah daritadi ko di depan. Iya..iya.. iya baju putih.. yaudah berangkat aja"

Tak lama setelah sepupuku menutup telefon, datang motor dari arah kejauhan dan berhenti perlahan di depan komplek, di samping mbakmbak berbaju putih itu. Mereka terlihat berbicara. tak lama, si pengendara motor membuka helm nya dan mengeluarkan handphone, sepertinya mau menelfon.

"Arrgghhh... tuhkan. Muka nya tua! Untung belum ketemu.. Duhh.. kalau kaya gini aku nggak mau ah.." Sahut sepupuku yang memang punya selera tinggi. Tiba-tiba telefonnya bunyi. dari Sang Dokter.

"Ya?" Sahut sepupuku.
"Kamu di mana? Katanya nunggu di depan gerbang, aku sudah disini nih. Aku cuma ketemu sama mba-mba yang kebetulan berbaju putih juga."
"Oiya ya? Aku di jalan nih di panggil mamah disuruh pulang, tadi udah kelamaan di jalan. Lain kali aja ya ketemu nya. Sorry"
"Tapi Fa..."
Tut. Tut. Tut.

"Ja'at banget sih" Aku yang tiba-tiba punya hati nurani berkomentar.
"Kita ngga jahat sayang. Liat, kita memang pake baju putih, dan ga sepenuhnya bohongin dia. Lagian kita juga emang lama di jalan kan sudah"
"Tapi kan kita ngga di telefon uwa disuruh pulang.."
"Iya juga sih, tapi kan aku bilang ketemuannya di pending. Bukan berarti ga jadi. Udah ah yuk pulang"
Kami memutar balik sepeda motor ke arah pulang, mas-mas yang ternyata dokter itu melihat kami dari kejauhan.

Sampai rumah, si uwa malah nyariin si dokter.
"Mana? Jadi ketemu?"
"Ma, orangnya tua, aku ngga mau sama dia ih. Kiky aja liat tadi."
"Tapi kan dia dokter. Masa depan jelas."
Bla. Bla. Bla. Ya, sepupuku dimarahin. Uwaku menelfon si dokter dan meminta buat berkunjung ke rumah ku. Jengjengjeng.

Malamnya, si dokter datang.
Memang sih agak tua. Agak kurang fashionis menurutku. Datang kerumah dengan baju kemeja dan celana kain agak singkat. Setidaknya kalo dia bisa memadumadankan pakaian, yaa.. ada nilai plusnya lah setelah profesi dia sebagai dokter. Cara bicaranya juga agak kaku dan yah.....maaf.... agak maju sedikit.
Dalam kunjungan malam itu. Sepupuku lebih sering diam dan melotot ke arahku karena aku ketawain dia dari dalam kamar.

Sepupuku tidak jadian dengan si dokter. Tapi hubungan mereka berakhir baik-baik. Kudengar si dokter sekarang sudah menjadi dokter spesialis dan menjadi dokter teladan (kalo ngga salah.pen) dan ditempatkan di daerah. Dia sudah menikah dan punya anak.

Setelah kejadian itu, hidup sepupuku penuh dikelilingi lelaki-lelaki. Kadang dia sempat bercerita lewat sms/telfon, kadang aku mendengarkan ceritanya secara langsung ketika aku ke Barabai atau dia ke Banjarbaru. Lulus SMU dia memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di Banjarbaru. Sudah bisa kuduga, kebersamaan kami makin intens. Mungkin di next posting aku bisa cerita tentang dia. Spesial. Huehehehe.

Sahabat lain yang sering aku temeni kencan adalah Marya. (nama disamarkan, demi kemaslahatan bersama.pen)
Sahabat kentalku dari pertama kuliah hingga saat ini walaupun kami sudah jarang banget ketemu. Kalo nggak salah aku pernah cerita tentang dia di postingan-postingan sebelumnya.
Aku sering banget nemenin dia ketemu dengan cowok-cowok. Entah sebagai pacar, gebetan, atau sekedar ketemu. Semua ceritanya pun aku tau. Dan ga salah kalo kami deket banget.
Dari yang berakhir bahagia, ataupun berakhir menyedihkan.

Ira, sahabatku dari SD juga pernah aku temenin kencan sama teman sekelasku. Dari neror neror lewat telfon, sampai ketemu langsung. Aku dan dia dan temen-temen lainnya rela nemenin dia nongkrongin wartel demi menelfon gebetannya itu. Ira dan Adit, cowok itu, nggak jadian. Tapi mereka jadi temen baik sampai sekarang.

Sampai cerita ini ditulis, Eva, Marya, dan sepupuku sudah menikah. Mereka telah menemukan kencannya masing-masing. Begitu juga dengan aku.
Eva menikah dengan teman satu kampus Magisternya. Marya menikah dengan orang Makassar yang awalnya berkenalan lewat instagram. Sepupuku menikah dengan teman masa kecilnya. Dan aku sendiri, si pendamping kencan mereka ini, menikahi nasabahku sendiri.

Jodoh memang misteri.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar